Langsung ke konten utama

Otak Lansia Punya 4 Kehebatan yang Menakjubkan

Orang lanjut usia terlanjur identik dengan pikun dan kemampuan mental dan fisik yang menurun drastis. Tapi di balik kekurangannya itu, otak lansia punya 4 kehebatan yang menakjubkan.

Hal ini sudah terbukti dengan masih banyak dijumpainya orang yang sudah sepuh memiliki inovasi dan kreatifitas yang tak kalah dengan orang-orang muda.

Saat ini pun, orang-orang yang sudah berumur juga masih banyak yang menjabat sebagai pengusaha sukses.

"Meskipun tidak ada bukti yang menyanggah pendapat tentang penuaan, terkadang klaim tersebut tak banyak didasarkan pada bukti empiris. Pernyataan tentang menurunnya kemampuan kognitif yang berkaitan proses penuaan bisa jadi dipengaruhi oleh prasangka peneliti," kata Timothy A. Salthouse, profesor psikologi dan direktur Laboratorium Cognitive Aging di University of Virginia seperti dilansir CNN, Kamis (21/6/2012).

Beberapa kemampuan otak tua yang mencengangkan tersebut antara lain:

1. Lebih Dapat Berempati

Empati sangat penting dalam penyusunan rencana karena diperlukan untuk memahami untuk siapa sebuah rencana dibuat.

Orang tua memiliki kemampuan yang lebih besar untuk berempati karena kemampuan itu dipelajari dan disempurnakan seiring pertambahan usia.

"Berapa banyak remaja yang tahu akan manfaat empati? Tidak banyak. Ini adalah tahap perkembangan yang berlangsung melalui masa remaja dan memasuki usia 20-an," kata Kathleen Taylor, profesor di College St Mary of California.

Menurut Taylor, orang muda cenderung berhubungan dengan orang lain berdasarkan kebutuhannya sendiri. Orang berusia 22 tahun mungkin punya ide dan gagasan yang cukup brilian, tetapi hal itu lebih berkaitan dengan kebutuhan kaum muda.

2. Lebih Mampu Berpikir Luas

Otak yang tua lebih dapat melihat pola dan gambaran sesuatu secara utuh. Orang yang lebih muda mungkin lebih baik dalam mengingat sesuatu dalam jangka pendek, namun orang tua telah memiliki banyak pengalaman dan lebih mampu membangun gambaran luas dari berbagai aspek yang berbeda.

"Banyak orang di industri kita belum memiliki pengalaman yang sangat beragam. Jadi mereka tidak memiliki cukup kemampuan untuk menghubungkan titik-titik dan memberikan solusi linier tanpa perspektif yang luas pada suatu masalah," kata Steve Jobs ketika diwawancarai majalah Wired pada tahun 1990-an

Tentu saja, orang tua terkadang bisa melupakan sesuatu hal. Seiring dengan bertambahnya usia, banyak ingatan yang disimpan di dalam otak.

Ada kalanya beberapa ingatan terselip di lipatan neuron. Orang tua tidak dapat selalu menemukan segala ingatan akan pengalamannya, tapi sebenarnya ingatan itu masih ada.

3. Lebih Berani

Seiring pertambahan usia, manusia lebih mampu mengantisipasi masalah dan mencari jalan keluar daripada ketika masih muda.

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa keterampilan penalaran kompleks manusia terus meningkat seiring bertambahnya usia.

"Orang tak akan bisa memecahkan masalah dengan solusi yang sama saat mencoba memecahkan masalahnya dulu ketika masih muda. Mereka tidak memiliki petunjuk tentang hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan dan akhirnya meninggalkan masalahnya padahal solusinya ada di depan mata," kata Taylor

Ketika bertambah tua, orang akan berpikir lebih dalam mengenai apa yang berarti dalam hidupnya sekarang, bukan apa yang bisa dilakukan untuk membuat masa depan lebih baik.

Mungkin karena menyadari bahwa masa depannya singkat, orang tua cenderung menekankan kehidupan di masa sekarang.

Ia akan melihat lebih lanjut tentang diri sendiri dan orang lain di lingkungannya sehingga memicu munculnya ide-ide baru yang sangat berguna.

4. Lebih Percaya Diri

"Beberapa insinyur paling inovatif yang saya kenal sudah berusia lanjut," kata Debra Dunn, profesor di Institute of Design di Stanford University sekaligus mantan eksekutif senior di Hewlett-Packard selama 22 tahun.

Dunn percaya bahwa persepsi orang tua terhadap kemampuannya sendiri akan menjadi prediktor kuat dari apa yang bisa dan tidak bisa dia capai.

Otak yang lebih tua cukup tangguh dan dapat dirangsang untuk berinovasi dengan cara yang luar biasa. Orang tua perlu didorong untuk terus kreatif karena potensi yang dimiliki masih sangat besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pilihan Aplikasi Blackberry Gratis Terbaru 2012

Infomudah.blogspot.com - Selalu ada yang baru, inilah yang diusung oleh penyedia layanan aplikasi Blackberry ditahun 2012 ini. Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna Blackberry di indonesia semakin hari semakin bertambah dan begitu pula dengan aplikasi pendukungnya yang semakin digemari oleh kalangan pengguna BB. Disini saya akan memberikan review dan link download agar anda dapat mengetahui kegunaan dan fungsi masing-masing aplikasi. Aplikasi yang akan saya review kali ini sangat beragam dan jelaslah nanti akan memberikan fungsi blackberry anda lebih gaya dan stylish. Cekidot gan dan lansung serap review aplikasi Blackberry berikut: Opera mini browser Dikenalkan sebagai browser tercepat dengan kemampuan yang sangat baik pada blackberry, terutama tipe bold dan strom. Keunggulan dari opera mini ialah kecepatan dalam menampilkan halaman pada saat browsing melalui perangkat mobile. Bagi yang berminat silahkan bisa download ke sini http://mini.opera.com Google mobile

SEO Tools

1. Tes Kecepatan Periksa ukuran halaman web dan waktu buka. Domain anda/halaman anda : ( Misalnya: www.infomudah.blogspot.com) Untuk analisis halaman lebih rinci, Kunjungi Pingdom . 2. Periksa Rank Periksa Google Page Rank dari domain Anda atau halaman web. Hasil akan ditampilkan dalam jendela baru. Domain anda/halaman anda : Halaman checker pangkatnya didukung oleh Page Rank Checker 3. Periksa Backlink Periksa link balik ke domain Anda atau halaman web. Domain anda/halaman anda : ( Misalnya: www.infomudah.blogspot.com) 4. Periksa Link Reciprocal Periksa apakah link partner Anda masih menghubungkan kembali ke situs Anda. Domain anda : (Anda harus menyertakan http://) Pasangan URL Anda : 5. Periksa Link Broken Periksa link yang rusak di halaman web Anda. Web halaman URL Anda : ( Misalnya: http://infomudah.blogspot.com/2012/01/periklanan.html ) 6. Meta tag check Ekstrak halaman web Anda informasi meta dan tag. Web Halaman Anda : http:// (Misalnya: http://infomudah.blogspot.c

Download Modul KKPI Lengkap

Download Gratis Semua Modul Dari 1-9 ISI MODUL/KETERANGAN MODUL : MODUL 1. MENGETIK 10 JARI Mengetik pada papan ketik (Keyboard) StandardModul 2 Mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer personal MODUL 2. MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER TINGKAT DASAR (PC). Mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC STAND ALONE) Mengoperasikan Sistem Operasi Mengoperasikan pc yang terhubung pada jaringan komputer lokal modul MODUL 3. MENGOPERASIKAN PERIFERAL   Mengoperasikan Printer Mengoperasikan Scanner MODUL 4. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA Bekerja dengan Microsoft Word Bekerja dengan Open Office writer Bekerja dengan Star office Writer Bekerja dengan KwWriter Mail Merge MODUL 5. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR Bekerja dengan Microsoft Excel Bekerja dengan Open Office Calc Bekerja dengan Star office calc Bekerja dengan KSPREADFORMULA MODUL 6. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PRESENTASI Bekerja dengan Microso