Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Rasa Pegal, Linu dan Nyeri di Badan

Penyebab timbulnya pegal, linu dan nyeri dibagian kaki, tangan, pinggang, kepala, dan lainnya, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Biasanya kondisi itu ada dikarenakan kurangnya relaksasi pada otot. Dampaknya pada tubuhpun bisa lebih parah. seperti tidak nafsu makan, tubuh tidak bergairah melakukan aktivitas apapun, atau terserang penyakit lain yang lebih parah.
Oleh karenanya, jangan pernah anggap masalah ini sepele dan segeralah atasi. Berikut ini penyebab rasa pegal, linu dan nyeri di badan saat beraktivitas dan cara mengatasinya :
1. Terlalu lama duduk
Biasanya saat kita sedang dalam perjalanan panjang atau berada didepan komputer dalam waktu yang lama, kaki dan pinggang akan mudah terasa pegal dan nyeri. Ini dikarenakan pinggul harus menahan tubuh bagian atas dan kaki berada dalam posisi sama terlalu lama. Usahakan mengubah posisi duduk anda dengan menyandarkan tubuh, meluruskan kaki, atau sesekali berdiri dan berjalan untuk mengambil sesuatu.
2. Kurang tidur atau tidur terlalu larut
Ini bisa menyebabkan leher anda terasa tegang dan kaku. Usahakan tidur tidak terlalu malam. Jumlah waktu tidur yang direkomendasikan untuk pria dan wanita diusia produktif adalah 8 jam sehari.
3. Tidur dengan posisi bantal sangat tinggi
Posisi tidur dengan bantal yang tinggi dan posisi tidur yang salah juga dapat menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena darah yang mengalir ke kepala tidak lancar.
4. Kurang olahraga
Kurangnya olahraga bisa membuat otot nyeri dan pegal karena kurangnya relaksasi otot pada tubuh. Olahraga yang berlebihan terrnyata juga tidak baik bagi tubuh, karena otot dipaksa menanggung beban berlebihan.
5. Terlalu sering melakukan aktivitas yang berulang dengan tangan
Aktivitas ini misalnya mengetik, dampaknya akan membuat tangan menjadi kaku dan kesemutan. Biasanya terjadi pada ibu rumah tangga yang juga bekerja. Setelah lelah mengurus pekerjaan dikantor (mengetik dan lain-lain), saat kembali kerumah mereka diperhadapkan dengan pekerjaan rumah tangga (mencuci, mengepel, dan mencuci piring).
6. Terlalu lama berada di ruangan ber-AC
Udara lembab di ruangan tertutup tidak baik untuk kesehatan dan bisa menjadi penyebab munculnya rasa lelah dan pegal-pegal ditubuh. Sempatkan untuk keluar sebentar ke tempat yang terkena sinar matahari, ini penting untuk kesehatan.
7. Cuaca pancaroba
Pergantian udara dari panas ke dingin atau sebaliknya bisa sangat mengganggu kesehatan, karena udara yang tidak konsisten itu bisa mempengaruhi sirkulasi darah dan dapat menimbulkan sakit kepala sebelah atau diseluruh kepala.
8. Membawa beban terlalu berat
Usahakan saat anda pergi kekantor, jangan memasukkan semua barang bawaan anda dalam satu tas (termasuk laptop). Taruhlah laptop ditas terpisah, agar beban tidak bertumpu pada satu lengan saja

Komentar

  1. kurang olahraga kayaknya bener tuh,,sekarng sayapun merasakannya..

    BalasHapus
  2. thanks info cara mengatasi rasa pegal linu

    BalasHapus
  3. artikel yang sangat bermanfaat sekali sob

    BalasHapus
  4. Hmm, emang bener banget yah, bakal dikurangi deh kebiasaan yang ga baik, thanks gan buat info yg membantu ini, salam kenal dari Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14, iseng-iseng mampir ke website kita ya di ==> www.nurul-ilmi.com yah :)

    BalasHapus
  5. kok ga ada cara mengatasinya y???
    Ini mah Faktornya semua...yang ada solusinya hanya nomor 1 & 8

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, janganlah menggunakan kata-kata kotor, maka komentar tersebut akan di kenakan spam

Postingan populer dari blog ini

Pilihan Aplikasi Blackberry Gratis Terbaru 2012

Infomudah.blogspot.com - Selalu ada yang baru, inilah yang diusung oleh penyedia layanan aplikasi Blackberry ditahun 2012 ini. Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna Blackberry di indonesia semakin hari semakin bertambah dan begitu pula dengan aplikasi pendukungnya yang semakin digemari oleh kalangan pengguna BB. Disini saya akan memberikan review dan link download agar anda dapat mengetahui kegunaan dan fungsi masing-masing aplikasi. Aplikasi yang akan saya review kali ini sangat beragam dan jelaslah nanti akan memberikan fungsi blackberry anda lebih gaya dan stylish. Cekidot gan dan lansung serap review aplikasi Blackberry berikut: Opera mini browser Dikenalkan sebagai browser tercepat dengan kemampuan yang sangat baik pada blackberry, terutama tipe bold dan strom. Keunggulan dari opera mini ialah kecepatan dalam menampilkan halaman pada saat browsing melalui perangkat mobile. Bagi yang berminat silahkan bisa download ke sini http://mini.opera.com Google mobile

SEO Tools

1. Tes Kecepatan Periksa ukuran halaman web dan waktu buka. Domain anda/halaman anda : ( Misalnya: www.infomudah.blogspot.com) Untuk analisis halaman lebih rinci, Kunjungi Pingdom . 2. Periksa Rank Periksa Google Page Rank dari domain Anda atau halaman web. Hasil akan ditampilkan dalam jendela baru. Domain anda/halaman anda : Halaman checker pangkatnya didukung oleh Page Rank Checker 3. Periksa Backlink Periksa link balik ke domain Anda atau halaman web. Domain anda/halaman anda : ( Misalnya: www.infomudah.blogspot.com) 4. Periksa Link Reciprocal Periksa apakah link partner Anda masih menghubungkan kembali ke situs Anda. Domain anda : (Anda harus menyertakan http://) Pasangan URL Anda : 5. Periksa Link Broken Periksa link yang rusak di halaman web Anda. Web halaman URL Anda : ( Misalnya: http://infomudah.blogspot.com/2012/01/periklanan.html ) 6. Meta tag check Ekstrak halaman web Anda informasi meta dan tag. Web Halaman Anda : http:// (Misalnya: http://infomudah.blogspot.c

Download Modul KKPI Lengkap

Download Gratis Semua Modul Dari 1-9 ISI MODUL/KETERANGAN MODUL : MODUL 1. MENGETIK 10 JARI Mengetik pada papan ketik (Keyboard) StandardModul 2 Mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer personal MODUL 2. MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER TINGKAT DASAR (PC). Mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC STAND ALONE) Mengoperasikan Sistem Operasi Mengoperasikan pc yang terhubung pada jaringan komputer lokal modul MODUL 3. MENGOPERASIKAN PERIFERAL   Mengoperasikan Printer Mengoperasikan Scanner MODUL 4. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA Bekerja dengan Microsoft Word Bekerja dengan Open Office writer Bekerja dengan Star office Writer Bekerja dengan KwWriter Mail Merge MODUL 5. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR Bekerja dengan Microsoft Excel Bekerja dengan Open Office Calc Bekerja dengan Star office calc Bekerja dengan KSPREADFORMULA MODUL 6. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PRESENTASI Bekerja dengan Microso