Langsung ke konten utama

Macam macam Mesin Pencari (search engine)

Mesin-mesin Pencari ( Search Engines )

Anda bisa saja memegang atau menghafal alamat-alamat situs Web menarik yang ingin anda kunjungi, tetapi ketika anda ingin mencari suatu artikel, dukumen atau file dengan topik khusus, atau mencari alamat teman anda di internet yang memiliki lebih dari 40 ribu halaman web, anda pasti membutuhkan bantuan. Apalagi jika anda tidak memiliki gambaran sama sekali tentang Web yang hendak anda kunjungi untuk mencari artikel tersebut.

Contoh, ketika anda ingin mencari artikel yang memuatberita tentang printer, anda mungkin bisa mencari ke situs majalah-majalah komputer. Akan tetapi karena banyaknya majalah dan halaman, anda akan dibuat prustasi jika harus menengoknya satu per satu. Maka anda memerlukan sebuah mesin pencari untuk menemukan artikel, file atau database apapun yang anda inginkan dengan lebih cepat.
Untunglah banyak dikembangkan peranti lunak atau mesin-mesin pembantu untuk mencari dan menelusuri halaman Web ini dengan lebih cepat. Beberapa diantaranya adalah :

01. Google (www.google.com)
02. Altavista (www.altavista.digital.com)
03. Deja News (www.dejanews.com)
04. Excite (www.excite.com)
05. HotBot (www.hotwired.com)
06. Infoseek (www.infooseek.com)
07. Lycos (www.lycos.com)
08. Magellan ( www.mckinley.com)
09. WebCrawler (www.webcrawler.com)
10. Yahoo (www.yahoo.com)

Selain membantu menemukan informasi yang anda butuhkan tentang perusahaan, produk, kompentitor, dan data dari macam-macam database online, mesin pencari tersebut juga membantu anda mendaftarkan situs web anda sehingga pemakai internet dapat menemukan bisnis Anda

Masing-masing mesin pencari menawarkan teknologi dan keistimewaannya sendiri. Namun pada dasarnya fungsi mereka sama : secara sistematik mencari serta menganalisis semua halaman web yang ada, kemungkinan mengembangkan sebuah index kata bersama dengan daftar URL halaman, tempat kata-kata indeks tersebut dapat anda temukan.

Untuk memulai pencarian, kunjungilah salah satu situs pencari web. Anda kemudian akan disodori lembar input untuk mengetikkan kata-kata kunci dari informasi yang ingin anda cari. Kadang-kadang anda akan mendapatkan daftar panjang dari situs web yang memuat informasi yang nada cari. Nah, disinilah masing-masing mesin pencari menunjukkan keunikan dalam membantu anda untuk memilah. Beberapa cara yang ditawarkan antara lain menyertakan judul, baris pertama, memberikan artikel yang ter-Update atau menyertakan filter. Berikut adalah tip untuk beberapa mesin pencari.

Yahoo :
Gunakan People Search untuk menemukan, teman serta lokasi kolega anda. Temukan di bawah kotak Query dimana anda dapat mengetikkan kata kunci disana.
Pakailah batasan dalam pencarian anda yang akan membatasi umur daftar tampilan yang dihasilkan (satu hari, satu bulan, satu tahun dsb) dengan mengklik link option pada tombol search.
untuk memperluas pencarian untuk memasukkan daftar newgroup gunakan link Usenet pada halaman search options.
klik pada my Yahoo dibagian bawah halaman Yahoo untuk membuat Yahoo versi pribadi anda. Anda akan memperoleh berita-berita hangat, bursa saham, skor olah raga, peta kota dan banyak lagi yang diantar pribadi untuk anda.
Kunjungi www.yahoo.com/picks/ untuk mendapatkan buletin picks dari yahoo yang terbit mingguan.
Jangan buang waktu dengan mencari berdasarkan indeks Yahoo jika anda dapat melakukan pencarian dengan katagori yang lebih spesifik. Klik katagori yang cocok dengan dokumen yang ingin anda cari. Misalnya anda ingin mencari tentang komputer dan internet. Maka kliklah tombol yang bertuliskan “Search only Computers and Internet”.
klik icon Sunglasses untuk mendapatkan situs utama Yahoo.
Anda juga dapat pindah kemesin pencari lain, seperti Alvista atau WebCrawler dengan mengklik pada dasar layar di bawah judul Other Search Engines.

Deja News :
Untuk mmembatasi pencarian, kliklah power search, kemudian baca Search Options. Anda bisa memilih current Options yang beris Usenet pada bulan terakhir atau paling lama tiga bulan.
Gunakan filter Query untuk mencari artikel yang belum diperbaharui atau artikel lama. Ketika memproses filter anda, mesin Deja News akan menyimpan pula keyword subsequent pada tempat yang difilter. Hal ini akan membuat pencarian anda lebih cepat dibandingkan jika anda memasuki semua artikel yang ada pada lembar Power Search. Temukan Query Filter dalam Power Search di bawah Search Options. Jika anda perlu bantuan, masuklah ke www.dejanews.com/help/dnfilter help.html#dnsetfilter_exp
Untuk membuat satu atau dua bagian yang dicari, klik icon Power Search untuk memerintahkan apa yang harus dicari, berapa banyak hasil yang anda inginkan, berapa yang ingin anda pilih dsb.
Gunakan pilihan Sort yang terletak di bawah Power Search untuk pencarian yang lebih tepat. Anda bisa menyortir berdasarkan tanggal, newsgroups, dan sebagainya.

Excite :
Dapatkan salinan Excite Direct untuk melengkapi browser Microsoft Internet Explorer atau Netscape Navigator anda. Download dari www.excite.com/direct/?a3m. Excite sangat gampang digunakan, halaman web apa yang ingin anda tampilkan, ketikkan langsung kedalam kotak search yang baru dan klik pada tombol Excite.
Temukan situs yang terbaik dengan melihat pada Web Reviews. Klik icon review pada bagian atas layar untuk melihat ulasan lebih dari 60.000 situs yang dikelola dengan masing-masing kategori, misalnya kategori olah raga, seni dll.

Infoseek :
Khusus para pengguna mesin pencari situs web Infoseek, anda dapat melakukan pencarian khusus seperti Image seek ( untuk menemukan logo, gambar, dan citra lain), Site Search (untuk menemukan halaman dari situs web tertentu), URL Search (jumlah dan daftar halaman yang disesuaikan dengan URL) Title Search (jumlah dan daftar halaman yang menggunakan kata kunci yang dicari dalam judulnya).
Seperti mesin pencari yang lain, jangan gunakan spasi antara tanda (+) dan (-).
Fasilitas News Center memberi anda berita harian yang ditampilkan berdasarkan kategori, seperti koleksi yang disebut Timely News yang berisi daftar berita yang menarik selama 30 hari. Anda juga dapat memperoleh berita pribadi yang akan diantar oleh Infoseek setiap kali anda mengunjungihome pagesnya. Untuk mengakses news center klik tombol sebelah kiri halaman infoseek. Unruk mendapatkan berita pribadi klik Personalize.
Untuk membatasi pencarian anda pada dokumen-dokumen web, gunakan sintaksis pada Ultraseek. Nama sintaksis tersebut dapat dikelompokkan antara lain berdasarkan link, situs, URL, atau judul. Misalkan anda mencari dokumen tentang CD-R, anda pasti akan menemukan lebih banyak informasi jika mencari berdasarkan situs yang memuatnya, bukan berdasarkan judul yang memuatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pilihan Aplikasi Blackberry Gratis Terbaru 2012

Infomudah.blogspot.com - Selalu ada yang baru, inilah yang diusung oleh penyedia layanan aplikasi Blackberry ditahun 2012 ini. Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna Blackberry di indonesia semakin hari semakin bertambah dan begitu pula dengan aplikasi pendukungnya yang semakin digemari oleh kalangan pengguna BB. Disini saya akan memberikan review dan link download agar anda dapat mengetahui kegunaan dan fungsi masing-masing aplikasi. Aplikasi yang akan saya review kali ini sangat beragam dan jelaslah nanti akan memberikan fungsi blackberry anda lebih gaya dan stylish. Cekidot gan dan lansung serap review aplikasi Blackberry berikut: Opera mini browser Dikenalkan sebagai browser tercepat dengan kemampuan yang sangat baik pada blackberry, terutama tipe bold dan strom. Keunggulan dari opera mini ialah kecepatan dalam menampilkan halaman pada saat browsing melalui perangkat mobile. Bagi yang berminat silahkan bisa download ke sini http://mini.opera.com Google mobile

Download Modul KKPI Lengkap

Download Gratis Semua Modul Dari 1-9 ISI MODUL/KETERANGAN MODUL : MODUL 1. MENGETIK 10 JARI Mengetik pada papan ketik (Keyboard) StandardModul 2 Mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer personal MODUL 2. MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER TINGKAT DASAR (PC). Mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC STAND ALONE) Mengoperasikan Sistem Operasi Mengoperasikan pc yang terhubung pada jaringan komputer lokal modul MODUL 3. MENGOPERASIKAN PERIFERAL   Mengoperasikan Printer Mengoperasikan Scanner MODUL 4. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA Bekerja dengan Microsoft Word Bekerja dengan Open Office writer Bekerja dengan Star office Writer Bekerja dengan KwWriter Mail Merge MODUL 5. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR Bekerja dengan Microsoft Excel Bekerja dengan Open Office Calc Bekerja dengan Star office calc Bekerja dengan KSPREADFORMULA MODUL 6. MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PRESENTASI Bekerja dengan Microso

Siap nonton super junior - ribuan elf berangkat ke meis

Hampir semua konser Super Junior di berbagai negara selalu berbeda dari konser artis-artis kebanyakan. Tak hanya karena aksi Super Junior sendiri, tapi juga karena aksi fans yang luar biasa. Salah satu buktinya adalah ribuan ELF yang mulai berdatangan ke MEIS sejak tadi pagi. Padahal, melalui informasi resmi, show 'tambahan' yang akan digelar hari ini, 27 April 2012, baru akan dimulai pukul 19.30 WIB di MEIS. Para fans ini mencoba berbagai cara untuk mencari tahu di mana keberadaan Super Junior di sekitar MEIS. Dengan peralatan ala piknik lengkap dengan tikar dan makanan-makanan, para ELF ini mencari spot yang nyaman untuk menanti konser idola mereka dimulai. Tak hanya tikar dan makanan, para fans ini tentunya telah mempersiapkan berbagai atribut terkait Super Junior. Light stick , poster, bando bertuliskan 'Super Junior' pun telah mereka bawa. Tentu saja banyak di antara mereka yang mengenakan pakaian khas ELF yang berwarna sapphire blue atau jaket berlogo SUPER SH